Jenis-Jenis Kopling Pada Sepeda Motor Beserta Komponennya

Kopling serta Komponennya

Penggunaan kopling pada sepeda motor disesuaikan dengan kebutuhan dan fungsinya. Oleh karena itu, jenis kopling yang digunakan pada sepeda motor mengacu pada tipe sepeda motornya yang saat ini terdiri dari tiga tipe, yaitu tipe sport, bebek/cub, dan matic. Selanjutnya, apabila dilihat dari prinsip kerjanya, kopling dikelompokkan dalam tiga jenis, yaitu kopling manual, kopling sentrifugal, dan kopling ganda.

1. Kopling Manual/Mekanis

Kopling manual atau mekanis yang dikenal juga dengan istilah kopling sekunder adalah kopling yang cara kerjanya diatur oleh handel kopling. Kopling manual banyak digunakan pada sepeda motor tipe sport, di antaranya Honda Tiger, Honda Mega Pro, Yamaha V-Ixion, Yamaha Scorpio, dan Suzuki Thunder. 

Komponen kopling manual terdiri atas beberapa bagian utama, dan berikut ini dijelaskan bagian-bagian dari komponen kopling manual tersebut, yaitu: 1) pelat pengungkit, 2) pegas kopling, 3) clutch center, 4) kanvas kopling, 5) pelat kopling, 6) pelat penekan, dan 7) clutch outer.
Sistem Pemindahan Tenaga Sepeda Motor
Kopling Honda Mega Pro 160
Sistem Pemindahan Tenaga Sepeda Motor
Kopling Yamaha V-Ixion

2. Kopling Sentrifugal

Kopling sentrifugal atau otomatis yang dikenal juga dengan istilah kopling primer adalah kopling yang cara kerjanya diatur oleh kecepatan putaran mesin dan gaya sentrifugal.
Kopling sentrifugal ini digunakan hampir pada sepeda motor tipe matic, di antaranya Honda Vario, Honda Beat, Honda Spacy, Yamaha Mio, Yamaha Fino, dan Suzuki Sky Wave.
Kopling sentrifugal juga digunakan pada sepeda motor tipe bebek/cub yang cara kerjanya bergabung dengan kopling manual.
Secara umum mengenai komponen kopling sentrifugal ini dijelaskan pada gambar berikut ini, yaitu outer clutch, mur kopling, drive plate, spring, kanvas kopling, dan movable driven face.
Kopling sentrifugal
Kopling Sentrifugal Honda Spacy

3. Kopling Ganda (Mekanis dan Sentrifugal)

Kopling ganda merupakan gabungan dari kopling mekanis dan sentrifugal atau kopling primer dan sekunder yang cara kerjanya dimulai dari kopling sentrifugal, kemudian diteruskan ke kopling mekanis. Dengan demikian, yang mengatur putus sambungnya putaran dari poros engkol ke kopling mekanis pada saat putaran rendah adalah kopling sentrifugal.Sementara itu, pada saat putaran menengah sampai dengan tinggi, pengaturannya dilakukan oleh kopling mekanis.

Kopling ganda digunakan hampir pada semua sepeda motor tipe bebek atau cub, yang diantaranya Honda Supra X 125, Honda Karisma, Honda Blade, Honda Revo, Yamaha Vega, Jupiter Z, Suzuki Shogun, dan Suzuki Smash. 

Secara umum mengenai komponen kopling ganda ini sudah dijelaskan pada dua jenis kopling di atas.Yang membedakan adalah istilah nama komponennya saja, seperti istilah kanvas kopling dan clutch weight.
Kopling Ganda
Kopling Ganda Honda Supra X 125

Kopling Ganda
Kopling Ganda Yamaha Vega R


SHARE THIS

Penulis:

Maniax Modifikasi Memberikan informasi dan ilmu pengetahuan seputar inspirasi modifikasi sepeda motor bagi seluruh para pecinta dunia otomotif dan dunia modifikasi.

1 comment: