Fungsi Kopling Pada Sepeda Motor

Perkembangan teknologi mengenai sistem pemindah tenaga pada sepeda motor saat ini cukup pesat. Hal tersebut dapat dilihat dari munculnya teknologi baru pada sepeda motor matic (skuter).Pada sepeda motor otomatis (matic), perpindahan tenaga dan putaran mesin dilakukan secara otomatis dari poros engkol ke kopling melalui v-belt (sabuk-v) atau dikenal dengan istilah CVT (Continuously Variable Transmission). Pada pemindah tenaga jenis ini 􀆟dak ada transmisi roda gigi seperti halnya pada sepeda motor bebek atau sport. Pengaturan kecepatan sepeda motor diatur oleh posisi drive pulley dan driven pulley yang dihubungkan dengan v-belt yang ada pada sistem transmisi CVT.

Pada bagian ini akan dibahas mengenai jenis-jenis pemindah tenaga, khususnya komponen kopling, cara kerjanya, dan tahapan merawat kopling. Pembahasan tersebut mengacu kepada tuntutan kompetensi yang harus dikuasai oleh lulusan Mekanik Sepeda Motor Level-II.

Fungsi Kopling

Kopling merupakan bagian utama dari sistem pemindah tenaga pada sepeda motor. Kopling pada sepeda motor berfungsi untuk memutuskan dan menghubungkan putaran mesin dari poros engkol ke transmisi untuk selanjutnya diteruskan ke roda belakang melalui rantai roda.
Fungsi Kopling Pada Sepeda Motor
Kopling sepeda motor (Tipe sport dan bebek)
New Mega Pro 150 dan Karisma
Proses memutuskan dan menghubungkan putaran mesin pada sepeda motor saat ini dilakukan dengan beberapa cara. Cara yang umum digunakan saat ini adalah menggunakan handel kopling manual (pada tipe sport) dan mengatur kecepatan mesin supaya ada pada putaran rendah (tipe bebek). Sementara itu, teknologi terbaru saat ini adalah pada sepeda motor tipe matic.
Fungsi Kopling Pada Motor Sport
Handel kopling (Tipe sport)
Handel Honda Tiger
Dalam hal ini untuk mengatur kecepatan kendaraan tidak perlu menggunakan handel kopling maupun menurunkan kecepatan, tetapi langsung secara otomatis mengikuti putaran mesin.

SHARE THIS

Penulis:

Maniax Modifikasi Memberikan informasi dan ilmu pengetahuan seputar inspirasi modifikasi sepeda motor bagi seluruh para pecinta dunia otomotif dan dunia modifikasi.

0 komentar: